Berbagai macam cara Bunda lakukan untuk meningkatkan produksi ASI dari mulai minum minuman herbal sampai minum suplemen ASI Booster, ternyata ada beberapa cara lain yang juga bisa Bunda lakukan untuk meningkatkan suplai ASI

Sering Menyusui

Saat bayi menyusu langsung dari payudara, hormone yang memicu payudara untuk memproduksi ASI akan dilepaskan. Mekanisme ini dikenal dengan reflex “let-down”. Itu artinya, semakin sering bayi menyusu makan akan semakin meningkat suplai ASI. Oleh karena itu, bayi baur lahir perlu disusui setidaknya 8 hingga 12 kali sehari.

Menyusui dari Dua Sisi Payudara

Cara lain meningkatkan produksi ASI adalah dengan menawarkan ASI kepada si kecil dari kedua payudara setiap kali menyusu. Biarkan bayi menyusu dari payudara pertama sampai ia melambat atau berhenti menyusu sebelum menawarkan kedua. Memompa ASI dari kedua payudara secara bersamaan juga teah ditemukan dapat meningkatkan produksi susu dan menghasilkan kandungan lemak yang lebih tinggi dalam susu

Rutin Pompa ASI

Memompa ASI di antara waktu menyusui juga dapat membantu Bunda meningkatkan produksi ASI. Agar terasa lebih nyaman dan juga lebih mudah memompa, Bunda dapat mengompres payudara dengan air hangat.

Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Makananan sehat dan bergizi seimbang adalah kunci penting menghasilkan ASI yang berkualitas. Saat menyusui, ibu membutuhkan tambahan energi sekitar 500 kalori setiap hari.
Maknanlah maknaoan yang beraneka ragam, cukupi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral. Batasi konsumsi junk food dan utamakan real food terutama kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau.

Kelola Stres

Faktanya, konsisi mental ibu menyusui sangat mempengaruhi peroduksi ASI. Kecemasan, stres, dan bahkan rasa insecure dapat mengganggu reflex let-down dan menyebabkan produksi ASI lebih sedikit.
Jadi, cobalah menciptakan lingkungan yang pribadi dan santai untuk menyusui dan membuat pengalaman menyusui menjadi menyenangkan dan bebas dari stres.

Nah, semoga artikel diatas membantu Bunda dalam mempersiapkan kehamilan dan persalinan terbaik dengan lancar, nyaman dan yakin. Bagi Bunda yang memerlukan bantuan aplikasi kehamilan silahkan download aplikasi EmpatBulan di playstore juga kami menyediakan cemilan sehat Mealbun bisa diakses di olshop atau www.food.empatbulan.com

Tags: #empatbulan, #healthyfood, #preganancy #promil #empatbulan #healthyfood, 1000 hari pertama, aplikasi kehamilan, hamil, info kehamilan, pregnant, senam hamil

Kritik & Saran

Kirimkan kritik dan saran anda untuk perbaikan layanan serta aplikasi kami agar lebih baik

Informasi Kontak

  • Klinik Sehat Serpong

  • +628197922949

  • cs@empatbulan.com

  • Jl. Lingkar Selatan BSD City Muncul Tangerang Selatan Banten 15327 Indonesia